Serba-Serbi Menjalani Ibadah Puasa di Rusia

Pulton Berbagi - Sejak proses pengurusan visa Schengen dan asuransi perjalanan ke Eropa kian mudah, kita pasti jadi lebih bersemangat mengurus liburan ke Eropa. Bahkan harga asuransi perjalanan ke Eropa timur juga kian terjangkau dengan manfaat proteksi yang maksimal.

Salah satu negara di kawasan Eropa Timur yang tak boleh kita lewatkan adalah Rusia. Menjelang bulan Ramadan, ternyata Rusia memiliki ritme ibadah puasa yang unik dan berbeda dengan negara lain. Ingin tahu seperti apa kebiasaan puasa di Rusia?

Yuk simak dulu ulasan berikut ini! 

Waktu Puasa Bisa Mencapai 22 Jam
Karena waktu siang yang lebih lama daripada waktu malam, tidak mengherankan jika waktu puasa di Rusia bisa berlangsung hingga 19 jam. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi umat muslim yang tinggal atau sedang berlibur di Rusia. Menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 19 jam tentu bukanlah hal yang mudah.

Tak Ada Kompensasi untuk Aktivitas Selama Puasa
Ternyata Rusia memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi untuk urusan aktivitas selama bulan Ramadan. Karena tidak ada kompensasi berupa pengurangan jam kerja atau pengurangan waktu aktivitas lainnya. Semua aktivitas harus berjalan seperti biasa seperti aktivitas di luar bulan Ramadan.

Masyarakat Rusia Sangat Cepat Beradaptasi
Waktu puasa yang amat panjang tidak menyurutkan niat masyarakat Rusia untuk beribadah. Oleh sebab itu, masyarakat Rusia bisa beradaptasi dengan baik ketika menjalani ibadah puasa. Tak ada rasa lapar atau lemas berlebihan ketika harus menjalani aturan puasa lebih lama daripada negara lain.


Aneka Menu Berbuka yang Bergizi

Menu berbuka puasa yang bergizi adalah salah satu rahasia kebugaran tubuh orang Rusia saat berpuasa. Kurma dan beragam jenis buah adalah menu berbuka puasa favorit orang Rusia. Selain itu, ada pula kvass (minuman segar dari sari buah bit), sup, roti, dan beragam hidangan kaya protein lainnya. Masyarakat Rusia terbiasa menyantap menu makanannya secara bertahap supaya tidak kekenyangan dan makan terlalu banyak.

Aktivitas puasa di Rusia rupanya sangat unik dan lebih berat dibandingkan puasa kita di tanah air, ya. Jika berencana berlibur ke Rusia dalam waktu dekat, kita akan merasakan pengalaman berpuasa yang lebih berkesan dan istimewa. Selamat merencanakan liburan ke Rusia!


EmoticonEmoticon