Perbedaan Antara Genset Murah Portable dan Standby


Walaupun genset sudah menjadi kebutuhan primer, karena memberikan pasokan daya listrik tambahan, namun penggunaannya harus diperhatikan dengan benar. Mulai dari pemilihan, penggunaan, sampai dengan perawatannya. Jika perawatannya bagus, maka sudah pasti genset akan bekerja dengan maksimal. Walaupun yang kita beli adalah genset murah, namun kita bisa menjaga kualitas genset melalui perawatan yang benar.

Pemilihan genset yang bagus dan berkualitas memang dilihat dari mereknya. Tidak bisa dipungkiri jika merek ternama harganya mahal dan juga memiliki kualitas yang bagus. Banyak dibuktikan oleh penggunanya. Awetnya pun tidak perlu diragukan lagi. Namun jika perawatannya kurang bagus, maka sudah pasti akan rusak sebelum waktunya rusak. Walaupun genset bermerek yang telah kita beli.

Untuk pembelian genset diperlukan tanggung jawab yang penuh juga dari kita, pemiliknya. Walaupun bukan menyewa, tetapi sudah dibeli. Untuk mendapatkan genset yang awet, perawatannya pun juga harus bagus.

Genset murah standby dan portable

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, ada 2 jenis genset yang dibedakan berdasarkan muncul tidaknya suara, yakni genset silent dan genset open. Dimana genset silent tidak mengeluarkan suara karena ada cover baja yang melingkupi mesin atau bagian tubuh genset. Sedangkan untuk genset open, bagian mesinnya terlihat jelas sehingga suaranya pun sangat bising. Harus diletakkan di ruangan tersendiri jika dipakai untuk kepertingan pasokan listrik di kantoran.

Namun jika dipakai di acara hajatan, kita bisa meletakkannya di tempat terbuka agak jauh dari tempat hajatan. Ternyata selain adanya genset silent dan open, genset juga dibedakan lagi jenisnya berdasarkan ukuran dan sifat listrik yang dihasilkannya, yakni genset portable dan genset standby.

Perbedaan antara keduanya bisa kita lihat secara jelas dari spesifikasi masing-masing:

Genset standby
  • Ukuran genset ini besar. Bisa dipakai untuk perkantoran, pabrik, atau gedung-gedung lainnya. Genset ini bisa dikatakan sebagai genset silent karena bentuknya yang besar dan cenderung dipakai untuk gedung-gedung. Peletakannya bisa di koridor kantor, di teras belakang gedung, di teras samping gedung, atau lainnya. Tidak memerlukan tempat khusus, karena suaranya tidak membuat bising.
  • Daya listrik yang dihasilkan lebih besar dan bahkan bisa mengcover kebutuhan listrik keseluruhan pada gedung atau rumah. Bahkan jenis listrik yang dialirkan adalah jenis listrik yang permanen. Kapanpun dibutuhkan, genset standby akan otomatis bisa dinyalakan melalui settingan konektor listrik yang ada. 
  • Selain bisa dipakai di gedung-gedung, genset standby ini juga bisa dipakai di rumah-rumah. Rumah yang memerlukan pasokan listrik dalam jumlah besar bisa membeli genset standby ini dengan mencarikan lokasi yang strategis. Genset ini bisa ditanam di tanah, sehingga lebih mudah peletakannya. 
  • Pemasangan genset ini harus dilakukan oleh ahlinya, karena mesinnya yang rumit.
Genset portable
  • Genset ini menjadi solusi praktis untuk genset rumahan. Bentuknya kecil, sama seperti model genset yang kita ketahui sebelumnya. Jenisnya termasuk dalam genset open. Mesinnya tidak ada covernya. Namun ada juga genset portable yang sudah termasuk genset silent. Ada cover mesinnya. 
  • Mudah dibawa kemana-mana. Bisa dipindah-pindah tempat. Sehingga bisa dijadikan produk genset yang disewakan. 
  • Dari segi harganya, genset ini adalah termasuk genset murah. Bentuknya yang lebih kecil bisa menghasilkan daya yang cukup untuk menambah daya listrik di rumah. Memang tidak bisa mengcover semuanya, namun setidaknya saat ada pemadaman listrik, kita tidak kebingungan lagi. 
  • Pilihan ukuran daya yang dihasilkan pun bervariasi, sehingga kita memilihnya sesuai dengan kebutuhan.
Kesamaan dari genset standby dan genset portable adalah pilihan daya yang banyak. Harganya bisa didapatkan dengan harga murah berdasarkan harga pasarannya. Ada juga harga promo di waktu-waktu tertentu. Mereknya pun juga banyak.

Namun perbedaan antara keduanya adalah pada ukuran genset yang berbeda. Genset standby lebih besar daripada genset portable. Selain itu, besarnya daya listrik yang dialirkan pun lebih besar daya listrik oleh genset standby.

Mengenal lebih banyak jenis genset menjadikan kita lebih mantap dalam memilih genset murah. Kita bisa berkaca antara model genset dengan kebutuhan kita.


EmoticonEmoticon